Pertama kita bahas dulu evaporator, fungsi utama evaporator adalah untuk menyalurkan udara dingin yang dihasilkan oleh freon yang diubah menjadi gas. Lalu si evap ditiup oleh blower (kipas ac) sehingga kabin mobil terasa suejukk. Nah di 206 ini apabila kita memilih sirkulasi putar dalam mobil, artinya udara yang diputar tidak diambil dari luar, melainkan dari bawah dashboard. Padahal kita tau disitu terletak debu, kotoran, dan lain-lain yang dibawa oleh sendal kita. Berbeda dengan mobil lain keluaran baru, biasanya sudah terdapat filter di bagian bawah tersebut, jadi yang kotor nantinya adalah filternya, bukan evapnya. Sedang di 206, filter tersebut tidak ada, artinya segala kotoran di bawah tersebut akan terangkat masuk ke evap, jika ini terjadi berulang-ulang terus menerus, evap akan cepat sekali kotor, dan kemudian bau.
Solusinya: yang pertama adalah jaga kebersihan karpet mobil anda, jangan biarkan ada debu dan air yang menggenangi karpet, karena itu akan membuat bakteri subur berkembang biak, yang kemudian ikut terhisap ke evap, kedua jika anda mau "ngakali" dengan memberi filter udara sebelum masuk ke evap, ketiga jangan memakai wangi-wangian yang aneh-aneh, karena beberapa wangian malah bisa membuat evap menjadi lengket dan membuat debu jadi lengket kayak perangko, asap rokok yang mengandung nikotin juga membuat evap menjadi lengket.
Berbeda lagi apabila anda menggunakan sirkulasi udara luar, disini yang harus dijaga tetap bersih adalah filter ac yang berada di sebelah kanan (driver), atau biasa disebut pollen filter.
Solusinya: jaga kebersihan pollen filter tentunya, dan yang kedua jangan menggunakan sirkulasi udara luar saat berada di tempat yang berpolusi tinggi, atau sangat berdebu, karena meski sudah ada pollen filter, tapi akan selalu ada partikel yang berhasil masuk ke evap dan ke kabin.
Sekarang kita bahas cara menjaga supaya kompresor ac peugeot 206 awet:
1. Nyalakan AC saat mobil sedang dipanasi di pagi hari, hal ini dikarenakan si kompresor sendiri butuh pemanasan sebelum bekerja. Apabila kita menyalakan AC pada saat kecepatan mobil sudah tinggi, artinya kompresor akan bekerja sangat keras, karena system AC nya masih belum berjalan dengan lancar.
2. Saat mematikan mobil, matikan AC terlebih dahulu. Jadi harus diinget, matikan AC baru matikan mobil. Mudah kan .. :D
Segini dulu inpo nya ya, kalau ada tips lagi di update disini. Semoga bermangpaat
Segini dulu inpo nya ya, kalau ada tips lagi di update disini. Semoga bermangpaat
dear om Momod & Mimin,
ReplyDeletesalam kenal utk semuanya...
mohon masukan dan arahannya bapak/ibu/om/tante...
saya berencana utk membeli 206 ("terpincut" juga ane sama mbl ini). hal2 apa saja yg perlu diperhatikan dan apakah punya kenalan utk referensi kandidat mobil dapat ditawarkan ke saya. terimakasih.
salam kenal mas...
*beruntungnya dapat blog ini, jadi ingin lebih dalam lagi utk mendalami 206.
dan apakah ada jadwal kopdar rutin atau dalam waktu dekat ini? hehe...
Salam kenal om.. Yang harus diperhatikan track record mobil tersebut, sudah pernah diapain saja, history service dll. Lebih enaknya ngajak montir yang mengerti soal peugeot, lebih baik lagi klo mekaniknya punya alat scanner ecu peugeot, jadi bisa ketauan bagian mana yg fault/rusak. Posisi dimana om? Klo daerah jogja ada yg rutin kopdar
DeleteDear om mo2d n om mi2n..slm kenal..
ReplyDeleterencana saya mo beli 206 taon 2001..si empunya bilang mbl tersebut mengalami kendala jika ac nya trs d nyalain tiba2 mbl tersebut mati mesin..mohon petunjuknya?terimakasih romee d palembang
Boleh di tampilkan posisi filter ac pegeuot 206
ReplyDeleteSebenernya ini informasi yang sangat bagus sekali, tapi sayang engga di lengkapi gambar. Lain kali tolong di kasih gambar ya mas, biar saya bisa melihat cara kerja kipas anginnya serta yang lainnya.
ReplyDeleteAkhirnya saya pun mencoba buat disiplin matiin ac baru matiin mesin biar komponen AC nya awet
ReplyDelete