Tuesday, October 30, 2012

Biaya Overhaul Transmisi Matic Peugeot 206

     Kalau ada yang tanya berapakah biaya Overhaul transmisi matic Gearbox AL4 Peugeot 206. Jawabannya tentu ada bermacam-macam. Tapi saya bagi jadi 3 saja secara garis besar. 
     Yang pertama adalah Overhaul via Bengkel Resmi Astra Peugeot, maka siapin uang mahar senilai Rp 20jt, ini adalah untuk kasus terburuk alias banyak part yang diganti, sudah termasuk ongkos jasa, sparepart, oli dan lain-lain. Alias biaya bersih dan tau beres, tentu saja nanti akan dapat rincian biaya apa saja yang diganti apabila sudah selesai. Dan hasil Overhaul Matic digaransi setahun oleh Astra. Kalau kasusnya ringan, kemungkinan habis sekitar 10 jutaan.
     Yang kedua adalah Overhaul via Bengkel khusus Peugeot tapi bukan bengkel resmi. Siapkan mahar13-15jt untuk kasus terburuk. Dan untuk kasus ringan bisa di antara 5-10 jt. Untuk lebih jelas, tentu saja bisa ditanyakan ke bengkel yang bersangkutan. Biasanya bengkel seperti ini menggaransi antara 6 bulan sampai setahun.
     Kalau mau alternatif lain, bisa membeli gearbox copotan singapore. Itu istilahnya apabila gearbox tersebut didapat dari mobil yang dikampakin/dipretelin, kemudian dijual per item, termasuk gearbox itu sendiri. Harga + pemasangan lebih kurang 12 juta, udah termasuk oli. Dan gearbox lama anda dibawa sama dia, jadi semacam tukar tambah. Apabila memutuskan untuk membeli gearbox copotan, pastikan gearbox tersebut kondisinya masih bagus, karena gak semua gearbox itu masih dalam kondisi normal. Jadi harus waspada dan hati-hati.

20 comments:

  1. nice info mas,diperbanyak lagi info2 pug 206 nya
    kr saya jg baru pake :D

    ReplyDelete
  2. oke om, siyap.. makasih udah mampir ya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Emang bener kata orang kalo miara mobil sama kayaq miara anak, apalagi mobilnya peugeot 206. Gak dibenerin sayang, dibenerin tau sendiri ongkosnya.

    Sudah 2 tahun saya miara singa 206 ini, part yang diganti juga lumayan (bukan lumayan lagi sih tapi hampir semuanya) mulai dari turun mesin, suspensi depan, suspensi belakang, ganti ecu, motor stater, sensor oksigen, Knalpot, sock breaker, pompa bensin, bearing roda depan kanan, kompresor, tensioner (1set), selain problem fisik mobil juga, udah buat kartu pin + kunci duplikat. (Gak dikasih sama yang jual hiks). kurang lebih sudah abis 30 jutaanlah (dulu belinya 75 jt).

    Akhirnya mulai diputusin buat dijual aja, tapi pas mau dijual, lampu snow sama sport kedap kedip, perasaaan udah gak enak. langsung dicek pake laptop sama montir langganan, dan terdeteksi tranmisi nya masalah, dan kudu di overhoul, langsung tepok jidat! -__-"

    PR nya sekarang selain overhoul (10 jt), air wiper mati (300rb),lampu monitor kadang suka nyala sendiri (700rb), ada embun di kaca depan kalo pasang ac di waktu malam sama pagi hari (entah kena berapa), sama air masuk di kaki penumpang sebelah kanan kalo lewatin genangan

    ReplyDelete
  5. Salam kenal ya om. Begitulah resiko beli mobil bekas om. Lampu sport snow bisa berarti banyak, coba di PPS dulu, bisa jadi gk terlalu besar masalahnya, misal cmn oil counter yg harus direset, atau waktu nya ganti oli matic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk oli matic ada oli counter nya? jika ganti oli matic harus di reset oli counter nya? Harus pakai PPS untuk reset nya atau bisa langsung tanpa PPS untuk reset oli counter nya?

      Delete
  6. kalau itu maa.....dah parah amat....Pu 206.nya

    ReplyDelete
  7. Untung banget yg beli mobil-nya kalo ud dibetulin ud ga ada PR, sy jg 206 2002, AL4 Overhaul 13Juta, Turun Mesin 3,5Juta, Stepper motor 1juta, Kompressor AC Copotan 1,7Juta, Resistance Blower 500rb, Laher dpn kanan kiri 1juta dll, nih mobil bikin tabungan Tipis tiap mau di jual ada aj yg rusak Cape miara 206, kayanya Tangguhan Mercedes

    ReplyDelete
  8. Sdikit menyimpangvdr topuk nih om, mohon rekomendasi kalo mau nyari vrlg variasi buat pug 206, pgn dibikin gembot dan agak lebar pake apa ya?? Krn ukuran pcd 112 kurang pasaran.. trims..

    ReplyDelete
  9. Kemarin pas service rutin singa 206, disarankan turun mesin separo. Biaya paling tidak 3 juta. Alasannya oli masuk ke air. Harus ganti perpak. Belum yang lain lain ...

    ReplyDelete
  10. Maaf om numpang nanya nih... Saya newbie... kalo ecu peugeot 206 baru di bengkel resmi astra peugeot Berapa ya soalnya saya udah pake copotan kurang enak.. Malah jadi Brebes...

    ReplyDelete
  11. Maaf om numpang nanya nih... Saya newbie... kalo ecu peugeot 206 baru di bengkel resmi astra peugeot Berapa ya soalnya saya udah pake copotan kurang enak.. Malah jadi Brebes...

    ReplyDelete
  12. Itu dapat 12 juta bengkel mana om?

    ReplyDelete
  13. Mhn pnjlsan nye knp air radiator brbalik luber dr tabung air,saat mobil brhenti dan keadaan panas,mhn info nye trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya penggemar fanatik pug... sejak ABG..thn 1985...dan sudah pernah punya Peugeot dari seri 504,505, GTi,405,307, dan sekarang 206, Alhamdulillah, so far semua lancar jaya...memang agak berat untuk mulai re konstruksi dari awal untuk kembali normal.. jadi kalo cari Peugeot jangan liat tampang luar nya... yang paling menguras isi kantong justru kondisi mesin.. jadi kita mesti Cek dan ricek dulu sebelum putus kan beli pug... jangan asal murah dan body kinclong... kadang what you see is not what you get... saya sudah karatan ngurus Peugeot .. pengalaman adalah guru terbaik..

      Delete
  14. Tadinya suka 206... Denger crita temen temen di atas.....ya Allah...ga jadi suka dah....

    ReplyDelete
  15. Bingung jadinya.. mau beli apa gak nih mobil.. banyak bawel nya

    ReplyDelete
  16. Terima kasih infone Lik

    ReplyDelete